Senin, 29 Oktober 2012

Mengubah Template Blogspot

  • Oleh: Bimo
Ada kalanya mungkin Anda jenuh dengan template tampilan blog Anda di Blogspot. Selain memilih template yang disediakan Blogspot, Anda juga bisa menggantinya dengan buatan pihak ketiga. Pada artikel kali ini kami memaparkan kepada Anda bagaimana cara mengubah template blog di Blogspot.

Langkah 1

Setelah Anda login ke Blogger, Anda akan masuk ke halaman Dasbor. Untuk mengubah tampilan, klik tombol Tata Letak yang ada di sisi kanan bagian keterangan blog Anda.
gambar1

Langkah 2

Anda akan masuk ke tampilan editor elemen halaman, lalu klik tab Pilih Template Baru.
10
Ada 16 template standar blogspot yang dapat dipilih. Untuk memilih kita hanya perlu mengklik bulatan di samping nama template di bagian bawah tiap contoh tampilannya. Untuk melihat tampilan tersebut di blog kita, klik pratayang template maka akan muncul jendela baru yang menampilkan blog kita dengan template yang kita pilih.
11
Setelah kita yakin dengan template pilihan, kita kembali ke jendela awal dan klik tombol SIMPAN TEMPLATE. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut
12
Template telah tersimpan, untuk melihat hasilnya klik Lihat Blog.

Langkah 3

Jika kita tidak menemukan tampilan yang sesuai keinginan kita, ada cara lain yaitu mencari tampilan yang disediakan secara gratis oleh pihak ketiga. Caranya,  klik tab Edit HTML pada menu Tata Letak.
gambar3
Sebelum Anda mengubah tampilan blog Anda, akan lebih baik jika Anda simpan dahulu tampilan blog Anda yang sekarang. Hal ini dibutuhkan jika ada kesalahan dalam kode tampilan blog Anda yang baru, Anda telah memiliki kode untuk mengembalikannya seperti sebelumnya. Untuk mem-backup template, Anda klik Download Template Lengkap, maka kode template Anda saat ini akan tersimpan dalam sebuah file dengan format *.xml pada folder Anda.

Langkah 4

Sekarang Anda perlu memilih kode template untuk diunggah dari harddisk ke editor Blogspot. Anda bisa mendapatkan banyak kode-kode gratis yang disediakan di beberapa situs penyedia template blogger gratis. Contohnya dari situs http://www.templates-blogger.com/
Pada situs tersebut terdapat file template dengan format *.xml, simpan file yang Anda suka. Untuk mengunggah file tadi ke Blogger, klik tombol Choose File, maka akan keluar tampilan seperti berikut.
gambar4
Untuk memilih file, Anda cukup klik ganda pada nama file yang diinginkan atau dengan mengklik nama file lalu klik tombol open. Maka Anda akan kembali ke halaman Edit HTML, klik Unggah untuk mengunggah file tadi.

Langkah 5

Setelah Anda unggah, seringkali terjadi kasus seperti pada gambar berikut
gambar5
Hal ini terjadi karena widget (atau fasilitas tambahan dari tampilan) blog lama Anda tidak sesuai dengan tampilan yang baru, sehingga informasi yang Anda miliki tidak dapat ditampilkan. Hal ini tidak jadi masalah karena berikutnya Anda dapat menambahkannya kembali secara manual, contoh dapat dilihat pada posting Mengubah Layout dan Elemen Halaman Blog di Blogger.

Langkah 6

Klik Konfirmasi dan Simpan, dan pengubahan tampilan blog Anda telah berhasil. Kemudian klik Lihat Blog untuk melihat tampilan baru blog Anda.
Selamat mencoba!

0 Comments:

Post a Comment